10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 21 Jan 2020

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan - Image from www.halodoc.com

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping - Yuk, cari tahu 10 cara menambah tinggi badan berikut ini.

Semua orang mendambakan tubuh tegap dengan tinggi yang ideal. Ada orang yang beralasan bahwa dengan tubuh yang pendek, mereka kurang percaya diri. 

Ada pula yang beralasan karena tuntutan pekerjaan, misalnya kemiliteran, kepolisian, penerbangan, dan berbagai profesi lainnya.

Dan berikut wajibbaca.com akan menjelaskan 10 cara menambah tinggi badan secara cepat dan aman tanpa efek samping. 

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat

Meskipun hampir semua orang menginginkan tubuh yang tinggi, namun ada beberapa orang yang terlahir dengan badan yang pendek, entah itu disebabkan karena faktor keturunan atau faktor lainnya.

Sayangnya pada zaman sekarang ini, alih-alih berusaha mendapatkan tinggi badan dengan cara sehat, banyak orang yang merasa tubuhnya kurang tinggi mencoba cara yang instan, salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen penambah tinggi badan atau obat-obatan.

Padahal tahukah kamu, suplemen dengan label mendukung hormon pertumbuhan, ternyata bohong lho? Yap, hormon pertumbuhan hanya bisa diperoleh melalui suntikan, dan bukan dalam bentuk pil, tablet, ataupun sirup.

Perlu diketahui, percepatan pertumbuhan tinggi badan (growth spurt) dimulai sejak memasuki usia remaja. Pada pria, growth spurt ini dimulai sejak usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhannya di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, growth spurt tersebut dimulai sejak usia 9-10 tahun dengan puncak masa pertumbuhannya di usia 11-12 tahun.

Yang mana percepatan pertumbuhan tersebut akan berhenti pada akhir masa pubertas. Jadi, upaya untuk menambah tinggi badan hanya efektif di masa pertumbuhan. Selain itu, kamu perlu teliti dan berhati-hati ketika akan menggunakan produk peninggi badan seperti pil dan suplemen.

Nah, daripada kamu menggunakan produk yang belum tentu 100% aman, sebaiknya kamu menggunakan cara menambah tinggi badan dengan cepat dan sehat berikut ini. Minim bahan kimia, dijamin aman untuk kesehatan.

1. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang 

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan makanan kaya nutrisi - Image from id.pinterest.com

Mungkin terlihat sederhana dan sudah sering kamu dengar. Namun tahukah kamu, penting lho memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih selama masa pertumbuhan?

Ya, mulailah cara menambah tinggi badan anak satu ini dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Perhatikan pula kecukupan vitamin D harian untuk membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kepadatannya. Kamu bisa mengkonsumsi makanan tinggi vitamin D seperti ikan tuna, susu, dan kuning telur.

2. Olahraga

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan olahraga - Image from id.pinterest.com

Salah satu cara menambah tinggi badan di usia 14 tahun adalah olahraga. Yap, selain bisa menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, olahraga juga bagus untuk meninggikan badan lho!

Oleh karena itu, mulailah kebiasaan olahraga dari sekarang. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah bersepeda, berenang, sepak bola, badminton, serta basket.

3. Istirahat yang cukup

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan istirahat - Image from id.pinterest.com

Kurang tidur selama masa remaja, bisa memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk menghambat pertumbuhan tinggi badan. Oleh karena itu, cara menambah tinggi badan bayi dan anak yang paling mudah yaitu dengan memastikan mereka mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Adapun jumlah waktu tidur bayi dan anak per hari yang disarankan sesuai usia adalah :

  • Bayi usia 0-3 bulan : 14-17 jam
  • Bayi usia 3-11 bulan : 12-17 jam
  • Balita usia 1-2 tahun : 11-14 jam
  • Balita usia 3-5 tahun : 10-13 jam
  • Anak usia 6-13 tahun : 9-11 jam
  • Remaja usia 14-17 tahun : 8-10 jam

Sedangkan untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun, waktu tidur idealnya adalah 7-9 jam dalam sehari.

4. Rajin minum susu

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan minum susu - Image from id.pinterest.com

Minum susu dengan kandungan kalsium yang tinggi bisa kamu gunakan sebagai cara menambah tinggi badan dalam 1 minggu. 

Kalsium sendiri merupakan zat yang paling penting untuk menjaga tulang agar sehat dan kuat, selain itu kalsium juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tulang pada anak sekaligus membantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Ingat ya, ketika kamu akan membeli produk susu tinggi kalsium, pastikan susu tersebut juga mengandung vitamin D. Vitamin D ini berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Dengan meminum susu 2 kali sehari yaitu ketika sarapan pagi dan malam menjelang tidur, maka akan membantu mempercepat proses pertumbuhan tinggi badan kamu.

5. Rajin minum air putih

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan air putih - Image from id.pinterest.com

Selain susu, air putih juga bisa digunakan sebagai cara menambah tinggi badan di usia 16 tahun, loh! Yap, air mineral atau air putih merupakan air minum yang mengandung mineral yang mudah larut dan bisa dengan cepat dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, rutinlah minum air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya, agar mendapatkan tubuh yang tinggi dan sehat.

6. Mengkonsumsi makanan bernutrisi dan berkalsium tinggi

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan makanan kaya nutrisi - Image from id.pinterest.com

Cara menambah tinggi badan usia 20 yang paling mudah dan murah adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi nutrisi dan kalsium.

Makanan bernutrisi sendiri merupakan makanan yang banyak mengandung protein dan juga vitamin. Akan semakin baik lagi apabila mengandung kalsium juga. Adapun contoh makanan yang mengandung nutrisi tinggi antara lain blueberry, goji berries, sawi, dan biji chia.

Sedangkan makanan mengandung kalsium tinggi berfungsi untuk membantu memaksimalkan proses pertumbuhan tinggi badan selain dengan rutin minum susu berkalsium. Adapun makanan dengan kalsium tinggi antara lain biji-bijian (biji chia, biji wijen, biji poppy), sarden, salmon, keju, yogurt, almond, kacang-kacangan dan lentil.

Mengkonsumsi makanan bernutrisi dan berkalsium tinggi, selain menjadi cara menambah tinggi badan, juga sekaligus sebagai langkah agar kamu mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga :
1. 20 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami Dalam 1 Minggu
2. Anti Ribet, Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal
3. Penyebab dan Pengobatan Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

7. Stretching

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan stretching - Image from id.pinterest.com

Antara stretching dan olahraga adalah dua hal yang berbeda, stretching atau peregangan adalah latihan fisik yang mudah dan lebih ringan, sedangkan olahraga merupakan latihan fisik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Tujuan stretching adalah agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman, latihan ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah olahraga. Lakukanlah stretching setelah bangun tidur sebagai cara menambah tinggi badan dalam 1 minggu yang efektif. Begini caranya:

  • Lakukanlah stretching secara berurutan mulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah.
  • Jangan melakukan stretching secara tidak berurutan (acak), misalnya atas - bawah - atas - bawah.
  • Karena jika melakukan stretching secara acak, maka bisa menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur serta bisa menyebabkan mual dan pusing.

8. Berenang

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan berenang - Image from id.pinterest.com

Berenang telah lama dipercaya sebagai cara menambah tinggi badan dengan cepat secara alami. Karena dengan berenang, semua otot-otot pada tubuh akan digerakkan serta dilatih, sehingga dapat membantu untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan kamu.

Selain itu, dengan melakukan olahraga berenang, hormon-hormon pertumbuhan pun akan terpicu untuk terus berproduksi. Berenanglah secara rutin setidaknya sekali dalam seminggu sebagai cara menambah tinggi badan usia 17 tahun.

9. Melompat

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Aman Tanpa Efek Samping

Ilustrasi cara menambah tinggi badan dengan melompat - Image from id.pinterest.com

Tahukah kamu, selain berenang, melompat juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki kamu lho? Yap, gerakan melompat ini akan menstimulasi otot-otot kaki sehingga bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara menambah tinggi badan usia 19 tahun. Begini caranya :

  • Lakukan gerakan melompat setiap hari secara teratur selama 15 menit.
  • Yang perlu kamu lakukan hanya melompat-lompat saja.
  • Kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan tali atau yang lebih dikenal sebagai lompat tali.

10. Menjaga postur tubuh tetap tegak

Banyak orang secara tidak sadar melakukan postur tubuh yang salah, misalnya seperti berjalan dengan membungkuk ataupun duduk dengan posisi membungkuk. Tahukah kamu, posisi tersebut akan mengganggu pertumbuhan tulang kamu lho?

Ya, oleh karena itu kamu harus selalu sadar untuk selalu menggunakan postur tubuh yang tegap setiap saat, baik ketika berdiri, berjalan, maupun duduk.

Nah, itulah tadi 10 cara menambah tinggi badan dengan cepat dan aman ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb