7 Trik Mencari Kerja yang Penting Diketahui Sebelum Memutuskan Resign

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 13 Feb 2020

7 Trik Mencari Kerja yang Penting Diketahui Sebelum Memutuskan Resign

7 Trik Mencari Kerja yang Wajib Diketahui Sebelum Memutuskan Resign - Image from www.merdeka.com

Sebelum keluar dari pekerjaan, anda harus sudah memiliki pekerjaan pengganti

Namun terkadang sulit mencari kerja karena masih terikat dengan pekerjaan lama, tapi sekarang tak perlu khawatir ikuti saja trik berikut ini!!!

Pernah terpikir resign dari pekerjaan yang sedang digeluti sekarang? Hal ini wajar saja karena setiap orang butuh untuk berkembang.

Tapi, keinginan fokus mencari kerja sebelum resign dari posisi yang sekarang bisa jadi tantangan tersendiri.

Mencari informasi lowongan pekerjaan dan mengikuti interview atau tes pastinya membutuhkan banyak waktu. Tapi, di sisi lain performa di kantor juga perlu dijaga untuk demi profesionalitas.​

Tapi, mencari pekerjaan baru sebelum resign juga bukan hal yang nggak mungkin dilakukan kok. Ini beberapa tips mencari kerja sebelum resign yang perlu kamu tahu.
Baca Juga:

7 Trik Mencari Pekerjaan Pengganti Sebelum Resign

1. Buat jadwal untuk mencari kerja

Mengatur waktu dengan baik adalah kunci sukses mencari kerja sebelum resign. Kalau punya waktu luang di pagi hari, siapkan 1-2 jam lebih awal untuk mencari pekerjaan baru.

Tapi jika nggak mungkin melakukannya di pagi hari, maka jadwalkan untuk mencari loker Indonesia terbaru di malam hari. Sebaiknya hindari mencari pekerjaan di sela bekerja di kantor. Selain bisa membuat konsentrasi jadi terpecah, muncul juga kekhawatiran ketahuan teman sekantor.

2. Perbarui CV dan dokumen lain yang diperlukan

Jangan lupa siapkan ‘senjata’ untuk mencari pekerjaan baru, yaitu CV yang sudah diperbarui. Buatlah surat lamaran, portofolio, dan dokumen lain yang pastinya diperlukan.

Jika sudah dirasa lengkap, kamu bisa mulai mencari lowongan kerja yang sesuai dengan rencana karier saat ini. Persiapan ini penting dilakukan supaya ketika ada lowongan yang tepat, kamu bisa segera apply, sehingga waktu yang dihabiskan jadi lebih efektif.

3. Cari rekomendasi dari portal karier terpercaya

Pernah nggak sih dibuat kebingungan atau kesulitan saat mencari informasi lowongan baru? Supaya pencarianmu lebih efektif dan cepat, sebaiknya kamu mulai mendaftarkan diri ke portal karier terpercaya untuk mendapatkan update informasi dan newsletter tentang lowongan yang dibutuhkan.

Misalnya saja Glints yang jadi salah satu rekomendasi portal karier terpercaya. Glints dapat memberikan rekomendasi lowongan kerja sesuai minat langsung ke email. Jadi, tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menelusuri lowongan kerja yang tersedia.

Baca Juga:

  • 4. Hindari menggunakan akun kantor

    Meskipun sedang mencari kerja sebelum resign, sebaiknya hindari menggunakan email atau telepon kantor. Hal ini penting untuk menjaga kerahasiaanmu dalam mencari pekerjaan baru.

    Selain itu, sebaiknya jangan menerima telepon dari HR perusahaan lain di area kerja untuk meminimalisir risiko ada yang mendengarkan percakapan pribadimu.

    5. Gunakan rekomendasi orang yang tidak sekantor

    Beberapa perusahaan memang meminta referensi atau surat rekomendasi dari orang yang pernah bekerja denganmu sebagai syarat rekrutmen. Jika ingin menjaga hal ini dari rekan sekantor, sebaiknya terlebih dulu buat daftar orang-orang di luar kantor yang bisa dihubungi.

    Misalnya saja rekan kerja yang sudah resign atau teman dari kantor lama yang bisa membantu. Jangan lupa beritahu mereka jika suatu saat mungkin ada HR dari perusahaan tertentu yang akan menghubungi.

    6. Menabung jatah cuti

    Saat mencari pekerjaan nanti, kamu pastinya akan mendapat berbagai panggilan interview atau tes. Jadi, sebaiknya mulai menabung jatah cuti agar bisa memenuhi panggilan tersebut.

    Hindari menghabiskan jatah cuti di awal karena dapat mempersulit diri sendiri ketika hendak mengambil izin untuk cuti.

    Menghadapi interview artinya kamu harus meluangkan banyak waktu. Namun, jika jatah cuti sudah habis, wajibbaca.com menyarankan untuk lakukan beberapa trik berikut ini.

    Misalnya dengan meminta jadwal interview saat pagi hari sebelum masuk kantor, di jam makan siang, atau sore hari setelah pekerjaan selesai. Jika interviewnya dilakukan dengan tatap muka langsung, bawalah baju ganti untuk menjaga penampilan tetap oke.

    Namun, beberapa perusahaan juga sudah terbuka dengan teknik interview secara online, sehingga kamu bisa melakukannya di mana saja.

    Baca Juga:

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb